Rabu, 18 Januari 2012

Lesson Plan

Alhamdulillahirabbil'alamin, semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 Sekolah Dasar Islam As Salam sudah selesai dilaksanakan. Saatnya untuk memulai semester genap dengan perencanaan yang lebih matang.
Tanggal 14 Januari 2012 SDI As Salam Malang memaparkan tentang rencana pembelajaran (lesson plan) untuk semester genap TA 2011/2012. Acara ini dipandu oleh Ustadz Deden Ferry, SPd., dan dibuka dengan hafalan Al Qur'an Surat 'Abasa oleh Ananda Maulana Akbar (Mas Lana).


Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah, Drs. M. Arif Khusaini, MPd. Dalam sambutan tersebut kepala sekolah menekankan tentang pentingnya pendidikan kedisiplinan bagi para santri serta kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk membentuk karakter dan kepribadian para santri.
Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Ustadz Muhammad Usman selaku koordinator pembelajaran hafalan (tahfidz) Al Qur'an. Dalam paparan tersebut disampaikan tentang tantangan dan permasalahan yang dihadapi selama semester sebelumnya. Alhamdulillah, secara umum berbagai permasalahan tersebut dapat diselesaikan dan hasil yang dicapai dapat melebihi target yang direncanakan. Alhamdulillah...

Pemaparan lesson plan untuk masing-masing kelas selanjutnya dipandu oleh wali kelas masing-masing. Untuk kelas 1 disampaikan oleh Ustadzah Fauziah Rachmawati, SPd., dan kelas 2 oleh Ustadzah Susy Wijayanti, SPsi. Pemaparan ini berlangsung dengan komunikatif dan terbuka. Wali kelas menyampaikan tentang rencana yang telah disusun oleh pihak sekolah dan wali santri memberikan saran dan masukan kepada pihak sekolah.


Lesson plan yang dikembangkan di SD Islam As Salam menggunakan format program mingguan tematik dengan pola spider web. Apa itu program mingguan tematik dan pola spider web? InsyaAllah kami akan mengulasnya dalam tulisan yang lain.

Dalam format lesson plan ditampilkan semua indikator pembelajaran selama satu semester. Lingkungan belajar para santri tidak hanya di sekolah, bahkan porsi paling besar dijalani selama di rumah. Untuk itu SDI As Salam mengharapkan adanya kerjasama dan sinergi yang baik antara pihak sekolah dengan wali santri dalam melakukan pendidikan karakter dan kepribadian para santri. Sehingga pada akhirnya diharapkan mampu untuk mencetak generasi yang cerdas dunia akhirat. Allahumma Amin...

A GOOD PLAN LEADS TO THE BETTER RESULT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar