Sabtu, 24 Desember 2011

Our Children Our Responsibility

Alhamdulillah, hari ini dilakukan pembagian laporan hasil belajar santri Sekolah Dasar Islam As Salam Malang. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Drs. M. Arif Khusaini, MPd, selaku kepala sekolah, kembali diingatkan tentang komitmen orang tua terhadap pendidikan putra-putri mereka, terutama mengenai hafalan Al Qur'an. Hal ini kembali diingatkan karena setelah pembagian hasil evaluasi tersebut para santri akan memasuki liburan sampai dengan tahun depan, tepatnya tanggal 7 Januari 2011.

Anak-anak hebat tersebut harus senantiasa dibimbing oleh orang tua, karena anak adalah tanggung jawab orang tua.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (At-Tahrim: 6)
Barangsiapa yang menelantarkan anak dari pendidikan (agama) yang akan bermanfaat baginya, serta membiarkannya hidup sia-sia tanpa guna, ia telah melakukan kesalahan yang fatal. Karena, kerusakan yang terjadi pada kebanyakan anak berasal dari orangtua dan ketidakpedulian mereka atas pendidikan anak mereka. Mereka tidak mengajari anak tentang perkara-perkara yang diwajibkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan yang disunnahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:
“Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orang tuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Seperti hewan melahirkan anaknya yang sempurna, apakah kalian melihat darinya buntung (pada telinga)?” (Sumber: http://anakmuslim.wordpress.com/2009/01/19/orangtua-sebab-sang-anak-berada-pada-suatu-agama/)
Ibarat koki, SD Islam As Salam berusaha 'memasak' (baca: mendidik) anak-anak tersebut dan yang 'mencicipi' dan 'merasakan' hasilnya adalah para orang tua. Asem, asin, manis, pahitnya masakan tersebut yang bisa merasakan adalah orang tua. Sehingga orang tua diharapkan untuk memberikan sumbangsih berupa saran, masukan dan kritikan yang bertujuan untuk memajukan pendidikan putra-putri mereka.
Untuk itu kami tunggu saran dan masukan Bapak dan Ibu semua. Silakan menyampaikannya di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar